Laman

Selasa, 16 Februari 2010

tutorial blog

Blog adalah singkatan dari “web log” yakni sebuah situs yang berisi catatan atau artikel dengan topik tertentu. Sebuah situs blog bisa berisi satu macam topik khusus misalnya tentang politik, kesehatan, sastra, musik, dan sebagainya. Ada juga blog pribadi yang berfungsi sebagai semacam diary untuk mencatat aktivitas seseorang. Bahkan, beberapa orang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Mereka ini disebut blogger yang mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk mengupdate (posting) content (artikel) di blognya.

Saat artikel ini ditulis, ada 2 (dua) situs gratis yang paling banyak dipakai untuk membuat blog, yakni Wordpress dan Blogspot. Kali ini kita coba membuat blog dengan Wordpress. Silakan disimak langkah-langkahnya:
1. Buka Firefox. Masuk ke alamat http://wordpress.com

2. Klik [Sign Up] yang terdapat di menu di bagian atas halaman atau tombol [Sign Up Now]

3. Isikan Username, Password (dan konfirmasi), email, dan klik “I have read and agree…”. Username yang anda ketik akan menjadi alamat default blog anda di Wordpress. Jadi, misalkan anda mengetik kombor sebagai username maka anda akan memperoleh alamat http://kombor.wordpress.com

4. Di bagian bawah ada opsi “Gimme a blog!” dan “Just a username”. Pilih saja opsi yang pertama. Opsi yang kedua hanya dipilih jika anda cuma menginginkan sebuah account di Wordpress – tanpa perlu membuat blog disitu – biasanya jika anda telah memiliki blog komersil (bukan gratisan) untuk mendapatkan API code Wordpress yang bisa digunakan di plugin seperti Akismet (untuk menyaring komentar yang dianggap spam)

5. Setelah anda tekan tombol [Next] akan dijumpai alamat blog (domain), judul blog, dan bahasa yang dipakai, opsi Privacy jika dicontreng akan membuat blog anda dikenali oleh search engine seperti Google atau Technorati.

6. Setelah anda tekan tombol [Signup], sebuah email akan dikirimkan ke alamat yang telah anda ketikkan di langkah #3 tadi. Silakan cek email anda dan klik link yang terdapat di dalamnya untuk mengaktifkan blog Wordpress anda.

7. Maka akan muncul pesan “Your account is now active!”. Silakan klik [Login] untuk masuk ke Dashboard Wordpress anda.

Membuat Posting Pertama

1. Di bagian sebelah kiri Dashboard, klik [Posts] lalu pilih [Add New]

2. Ketikkan judul dan posting anda. Jangan lupa isikan Tags dan Categories. Tags digunakan untuk memberikan semacam “label” pada postingan anda. Misalkan anda membahas mengenai musik rock, maka di Tags bisa anda isikan “Rock” dan di Categories bisa anda isikan “Musik”.
Judul dan isi posting
Tags dan Categories
3. Setelah selesai, tekan tombol Publish untuk mempublikasikan posting (artikel) yang baru anda tulis tadi.

Mengubah Tampilan Blog

1. Blog anda bisa diubah tampilannya dengan template atau theme yang bisa dipilih melalui menu Appearance. Terdapat banyak pilihan theme yang bisa anda sesuaikan dengan tema blog anda.

2. Setelah menemukan theme yang anda kehendaki, maka klik gambar screenshot theme tersebut untuk menampilkan Preview dari blog anda. Jika anda merasa puas dengan hasilnya, silakan klik [Activate]

3. Theme yang disediakan wordpress.com memang terbatas. Jika anda memiliki blog komersil (baca: tidak gratisan) anda bisa mendownload gratisan ratusan free theme (template) yang tersedia di internet.

Menambah Widget

1. Widget adalah “aksesoris” yang bisa mempercantik blog anda. Wordpress memiliki puluhan bahkan ratusan widget siap pakai. Namun di wordpress.com anda hanya bisa memilih widget standard yang disediakan oleh Wordpress.

2. Cara menambah widget ke blog anda sangat mudah, dengan memilih menu Appearance kemudian pilih Widget

3. Lalu klik [Add] yang ada disamping widget yang hendak anda tambahkan ke sidebar blog anda. Yang umum digunakan adalah Pages, Tag Cloud, Archives.

Selain itu anda dapat mengganti beberapa setting seperti judul blog, melalui menu Settings. Untuk mengganti password user bisa melalui menu Users.
Bookmark and Share

Artikel yang berhubungan:

1. Put Adsense Script On Your Blog
Hi folks! Do you have a blog? If don’t, then I suggest you to create one! You could use free blogging sites, such as Wordpress...
2. Tutorial Pembuatan Blog Profesional
Menulis blog sudah menjadi sebuah trend saat ini. Berbagai situs penyedia layanan blog gratis (free) sudah banyak bermunculan. Juga situs jejaring sosial (social networking) semacam...
3. Cara Meningkatkan Pagerank
Hari ini saya mendapat surprise yang luar biasa… Blog infogaptek.com ini telah mendapatkan hadiah berupa Pagerank dari mbah Google Tidak tanggung-tanggung setelah 3 bulan (lebih...
4. Tips Meningkatkan Traffic Blog Anda
Pada waktu saya baca pertama kali kirain bagaimana.. ternyata system nya begini..Just try it .. Ga ada Ruginya asal sama-sama jujur Aja ga akan Merusak...
5. Membuat Custom Smile Di Wordpress
Jika anda perhatikan, di bagian akhir tiap posting (artikel) terdapat bagian Comment. Fungsi comment tentu saja untuk memberikan komentar terhadap posting atau artikel yang anda...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar