Laman

Selasa, 23 Februari 2010

about blog

1.Apakah blog itu?

Sebuah blog adalah buku harian pribadi. Mimbar Anda setiap hari. Kotak sabun politik. Outlet berita terkini. Koleksi link. Pikiran pribadi Anda sendiri. Catatan untuk dunia.

Blog Anda menjadi apapun yang Anda inginkan. Ada berjuta-juta blog, dalam segala bentuk dan ukuran, dan tidak ada aturan yang sesungguhnya.

Dalam terminologi sederhana, sebuah blog adalah sebuah situs web, di mana Anda menuliskan hal-hal yang berbasis peristiwa yang sedang berlangsung. Hal yang baru tampil di paling atas, sehingga pengunjung Anda dapat membaca apa yang baru. Kemudian mereka dapat mengomentarinya atau menambahkan link atau mengemail Anda. Atau tidak.

Sejak Blogger diluncurkan pada 1999, blog telah mengubah bentuk web, mempengaruhi politik, mempertajam jurnalisme, dan memungkinkan jutaan orang untuk memiliki suara dan terhubung dengan yang lain.
Publikasikan pemikiran Anda
Antarmuka publikasi Blogger

Sebuah blog memberikan Anda suara Anda sendiri di web. Blog adalah sebuah tempat untuk mengumpulkan dan berbagi hal-hal yang Anda anggap menarik— baik itu komentar politik Anda, sebuah diary pribadi, atau link ke situs web yang ingin Anda ingat.

Banyak orang menggunakan blog hanya untuk mengorganisasikan pikiran mereka, sementara yang lain membuat blog yang membuat banyak pengaruh dengan ribuan pemirsa di seluruh dunia. Jurnalis dan amatir menggunakan blog untuk menerbitkan berita terkini, sementara jurnalis personal membeberkan pemikiran terdalam mereka.Bloger akan membantu anda.
Ajaklah teman-teman Anda.

Blogging adalah lebih dari sekedar meletakkan pemikiran Anda di web. Blogging adalah mengenai terhubung dengan dan mendengar dari siapapun yang membaca pekerjaan Anda dan peduli untuk memberi respon. Dengan blogger, Anda dapat mengendalikan siapa yang dapat membaca dan menulis ke blog Anda — ijinkan hanya beberapa teman saya atau seluruh dunia melihat apa yang harus Anda katakan!

Komentar Blogger memunkinkan setiap orang, di mana saja, menawarkan umpan balik atas posting Anda. Anda dapat memilih apakah Anda ingin mengijinkan komnetar berdasarkan posting demi posting, dan Anda dapat menghapus komentar manapun yang Anda tidak suka.

Kontrol Akses memungkinkan Anda memutuskan siapa yang bisa membaca dan menulis blog Anda. Anda bisa menggunakan group blog dengan banyak penulis sebagai alat komunikasi untuk tim kecil, keluarga, atau kelompok lain. Ada sebagai penulis tunggal, Anda bisa membuat ruang privat untuk mengumpulkan berita, link, dan ide untuk Anda pakai sendiri atau dibagikan kepada sebanyak mungkin pembaca yang Anda mau.

Profil Blogger memungkinkan Anda menemukan orang dan blog yang membagikan ketertarikan Anda. Profil Blogger Anda, tempat Anda dapat mendaftarkan blog Anda, hobi Anda, dan banyak hal, ijinkan orang menemukan Anda (tetapi hanya jika Anda ingin ditemukan).
Desain blog Anda

Baik Anda baru memulai blog Anda, atau baru berpikir untuk mengubah tampilan blog Anda, tool pengedit Blogger yang mudah digunakan akan membantu Anda membuat halaman yang tampak hebat.

Template—Koleksi template kami akan membantu Anda memulai sebuah situs yang menarik segera tanpa harus mempelajari HTML, walaupun Blogger juga mengijinkan Anda untuk mengedit kode HTML blog Anda kapan saja Anda inginkan.

Warna dan font kustom— Ketika Anda siap untuk mengambil langkah berikutnya, Anda dapat lebih lanjut mengkustomisasi template kami untuk menciptakan sebuah rancangan yang secara sempurna merefleksikan Anda dan blog Anda.

Drag-and-drop Elemen halaman — Sistem sederhana drag-and-drop memungkinkan Anda dengan mudah memutuskan di mana Anda meletakkan posting, profil, arsip dan bagian lain halaman Anda.
Posting Foto

Kadang-kadang Anda hanya ingin berbagi foto. Ada tombol untuk mengupload foto di antarmuka Blogger. Cukup klik tombol foto untuk mengupload foto Anda dari komputer Anda. Jika foto yang ingin Anda masukkan ke blog sudah ada di website, itu juga bisa dipakai. Cukup beritahu kami di mana gambar itu.

Anda juga dapat mengirimkan foto dari kamera telepon langsung ke blog Anda ketika Anda dalam-bepergian dengan Blogger Mobile.
Go Mobile

Blogger Mobile memungkinkan Anda mengirimkan foto dan teks langsung ke blog Anda selagi Anda di perjalanan. Yang Anda perlukan hanyalah mengirim email ke go@blogger.com dari ponsel Anda. Anda bahkan tidak perlu account Blogger. Pesan itu sendiri cukup untuk menciptakan blog baru dan memposting foto dan teks yang Anda kirimkan.

Nantinya, jika Anda ingin untuk mengklaim blog mobile Anda atau menukar posting Anda ke blog lainnya, cukup login ke go.blogger.com dan gunakan kode klaim Blogger yang dikirimkan ke telepon Anda.

Kami mendukung sebagian besar perangkat mobile di AS dan seluruh dunia. Apabila Blogger Mobile tidak tersedia pada penyedia layanan Anda, Anda masih tetap dapat mengirim surat ke blog Anda dengan menggunakan Mail-to-Blogger.
Memulai

Cara tercepat untuk mengerti blogging adalah dengan mencobanya. Kami telah bekerja sangat keras untuk membuatnya sangat mudah untuk Anda.Klik saja link di bawah, dan Anda bisa menjadi bagian dari fenomena yang mengubah web dan media menjadi aktivitas berpartisipasi dalam kurang dari menit lima . Sungguh!.

Apa akan terjadi kemudian ? Siapa yang tahu. Mungkin saja akan menyenangkan.

Dan ingat: Blogger sepenuhnya gratis, dan jika Anda menemui kesulitan, cukup klik pada tombol Bantu dari layar manapun, dan Anda dapat menemukan jawaban yang Anda cari — atau bahkan bertanya pada staff pendukung kami yang berdedikasi.

2. Sejarah blog

Perkembangan Didunia maya semakin hari semkin canggih saja, didunia maya atau yang sering di kelan dengan internet. Orang bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan, dari belajar, chatt mencari artikel, streaming Video, membuat blog, dll.

Dan disisini saya akan sedikit mengulas apa sech blog itu dan apa manfaatnya bagi kita, Blog adalah kepanjangan dari webblog. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger tepatnya pada bulan Desember 1998 Dia menggunakan weblog untuk memberikan nama kepada kelompok orang yang mempunyai website pribadi dan selalu meng-update website-nya tersebut, baik itu berita, link ke website lain, curhatan, tutorial dan lainnya. Dan disertai komentar-komentar dari tulisannya tersebut. Pada awalnya blog hanyalah catatan perjalanan seseorang yang di publish di internet.

Sementara Sementara Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet. Intinya Blog itu adalah website yang bersifat persolan, yang memuat opini pesonal dan hal-hal lain yang merupakan aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin ia kabarkan pada komunitas global dunia. Meskipun personal, isinya bisa dinikmati siapa saja darimana saja dan kapan saja.

Dan manfaat blog pun bermacam-macam dari ngeblog kita bisa mendapatkan apa saja bila kita mampu. Dari mencari teman, menuangkan ide kita ataupun unek-unek di dalam blog, bisa dibuat sebagai tempat curhat. Dan tidak kalah pentingnya blog juga bisa kita buat sebagai sarana mencari pendapatan ataupun uang, dari mana kita bisa dapet uang?? Sebagai orang yang masih awam pasti bertanya-tanya bagaimana caranaya?. caranya sangat simple sekali, dari pasang iklan,ikutan lomba ataupun kompetisi blog, Memasang adsanse yang disediakan oleh google. Dan masih banyak yang lainya. Jadi ngeblog menurut saya sangatlah asyik dan tidak ada ruginya dari ngeblog kita bisa mendapatkan apa yang kita mau. Yupz, mungkin itu sedikit pengertian tentang blog dan beberapa manfaatnya sebetulnya masih banyak sekali. Tapi itu semua sudah mewakili dari keseluruhan.

saya pribadi berpesan kepada semauanya terutama anak bangsa, tinggkatkan IT indonesia dengan berbagai macam cara, Walapun hanya sekedar ngeblog. Semangat terus para blogger Indonesia tunjukan bahwa kalian yang terbaik.


3. Jenis-Jenis Blog

Kategori : Basic / Newbie's, Blogging Knowledge, Contents, Culture & Glossary, In Depth | Tags: blogging, comic, Corporate Blogging, Infrastruktur Blogging, photo, Tentang Blogging |
moveable-type-blog by pub_lick_smith

moveable-type-blog by pub_lick_smith

Setiap harinya, entah berapa jumlah blog baru yang muncul di blogosphere. Setelah beberapa riset sederhana (blogwalking – red), kami menemukan kesamaan pola dari blog – blog yang ada sehingga kita dapat mengelompokkan dan membaginya ke dalam beberapa jenis blog. Tidak perlu banyak introduksi, here we go :
Berdasarkan Jenisnya

Online Diary / Online Journal / Personal blog. Blog yang berisi hal – hal seperti pengalaman, opini, atau pendapat pribadi dari blogger yang mempublish-nya. Entah ber-niche atau tidak, satu poin penting dari personal blog adalah jenis blog ini mengandalkan spontanitas dari blogger itu sendiri. Update dilakukan ( bisa berupa update teratur atau tidak ) setiap blogger memiliki “sesuatu” utuk disampaikan via blog nya. Contoh : http://rahard.wordpress.com ( Budi Rahardjo ), http://radityadika.com ( Raditya Dika )

Corporate Blog. Blog yang di publish oleh korporasi. poin pentingnya adalah, blog ini merupakan online representative atau “wajah dari perusahaan” tersebut di ranah internet. BIasanya berkontenkan langkah – langkah yang diambil oleh perusahaan, press realease, konfirmasi terhadap suatu isu tertentu, budaya perusahaan, ulasan mendalam tentang suatu isu yang berkaitan dengan perusahaan, dsb. Contoh : http://ycorpblog.com ( Yahoo! ) , http://googleblog.blogspot.com ( Google ) , http://www.boeingblogs.com/randy/ ( Boeing )

Project / Product Blog. Blog yang berisi tentang perkembangan suatu project / product. Baik project / produk tersebut berupa aplikasi web , varian baru dari suatu produk, dsb . konten dari blog jenis ini menampilkan perkembangan atau kabar terbaru dari project / produk tersebut. Contoh : www.ymessengerblog.com ( Yahoo! Messanger ), http://googlechromereleases.blogspot.com ( Google Chrome )

Niche Blog. Blog yang kontennya berfokus pada suatu niche atau topik tertentu. Pada umumnya, blog jenis ini membuat ‘blog’ nya menjadi subjek dari post yang dibuat, alias tidak menunjukan karakter dari penulis konten melainkan karakter dari blog itu sendiri. Blog jenis ini merupakan jenis blog yang mudah untuk di monetisasi ( monetisasi = menghasilkan uang ) karena memiliki target pembaca tertentu. http://publishedmind.blogspot.com ( Teknologi ), http://navinot.com ( IT in social way )
Berdasarkan Tujuannya

Blog untuk berorientasi personal. Poin – poin yang mencirikan blog jenis ini : niche nya seringkali beragam, dan bahasa yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post ( blogger oriented ). http://hermansaksono.com ( Herman Saksono )

Blog untuk Personal Branding. Blog yang dibuat untuk mempromosikan “kapasitas” atau kemampuan dari si pembuat blog / blogger. Ciri – ciri umumnya : membahas niche tertentu, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan bahasa yang formal atau semi formal, dan blog menunjukan karakter si blogger. Contoh : http://muhammadisman.blogspot.com ( Trainer ), http://hermawan.typepad.com ( Marketing Consultant ), http://romisatriawahono.com ( IT Consultant )

Blog untuk Monetisasi. Sering juga disebut, build for adsense, meskipun selain PPC ( Adsense ) ada juga sumber income lainya. Blog yang berorientasi pada pengunjung. informasi yang ditampilkan berorientasi pada pengunjung karena diharapkan blog memiliki banyak pengunjung. banyak pengunjung = high traffic = high clicks = high income. :) . Blog jenis ini pada umumnya sangat memperhatikan aspek – aspek yang menunjang supply traffic untuk blog, seperti aspek SEO, widget social bookmark, dsb dsb. http://problogger.net, http://shoemoney.com

Blog untuk portofolio. Blog yang menampilkan hasil karya dari blogger. pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi ( photoblog ), dan komik ( comicblog ). contoh : http://chickenstrip.wordpress.com, www.my-photo-blog.com/

Blog untuk katalog. Blog yang kontennya berisikan daftar hal – hal yang menarik untuk blogger. Pada umumnya katalog design, kumpulan link – link, dsb. Contoh : http://bestwebgallery.com, http://cssgallery.com
Berdasarkan Kontennya (Tipe media yang digunakan)

Note: Tipe ini benar-benar adaptasi bebas dari wikipedia. (kecuali copy paste blog, itu saya buat sendiri) Untuk lebih lengkapnya, silahkan langsung berkunjung ke artikel wikipedia mengenai blog

Vlog - singkatan dari Video Blog. Blog yang kontennya berisikan video. Contoh: NotSoGeeky

LinkLog - Blog yang kontennya berisikan kumpulan link. Contoh: Jennifer’s LinkLog

Sketchblog - Blog yang berkontenkan kumpulan sketsa portofolio pemiliknya. Contoh: Kristen’s Sketchblog

Photoblog / Phlog – Blog yang berkontenkan foto. Contoh: Kathleen Connally’s Photoblog

Tumbleblogs - blog berisikan entri text pendek dan kombinasi berbacai media. Contoh: poetsch.org’s tumbleblog

Typecasting Blog – Blog yang kontennya merupakan tulisan yang diketik menggunakan mesin tik / tulisan tangan / notes yang lalu di scan dan dipublikasikan melalui blog. Contoh: Type-Ten.com

Splog - singkatan dari spam blog. Blog berisikan HANYA iklan and nothing else. Terkadang disepipi beberapa konten copy paste. Contoh: Come on, sudah terlalu banyak blog seperti ini. Masa harus di beri tahu?

Blog iklan baris – Blog berisi iklan baris. Iklan, iklan dan iklan. Contoh: http://blogiklanbaris.com/

Blog Copy Paste - Blog yang kontennya copy paste dari blog lain. Contoh: Well, sepertinya tanpa saya cantumkan juga anda akan banyak menemukannya ;)
Berdasarkan Device (tools yang digunakan)

Moblog - Blog yang di update menggunakan perangkat mobile. Contoh: Dori’s Moblog
Berdasarkan Genre

Note: Again, ini adalah adaptasi bebas saya dari artikel wikipedia.

Blog juga dapat di kategorikan berdasarkan genre atau topik yang dibahasnya. Karena blog dapat membahas hampir apapun (bahkan ada juga blog mengenai blog kan? ;) ), maka saya hanya akan mencantumkan beberapa genre saja, seperti yang di cantumkan di wikipedia:

* Personal Blog – Blog pribadi, tentang seseorang
* Political Blog – Blog bertopik Politik
* Travel Blog – Blog berkategorikan travelling, atau panduan travelling
* Fashion Blog – Blog tentang fashion
* Music Blog – Blog tentang musik
* Education Blog – Blog tentang pendidikan
* ETC. Banyak sekali! Cantumkan saja topik yang di bahas di depan kata ‘Blog’ :D

Berdasarakan Protokol

Note: Idem dengan berdasarkan konten, sourcenya dari wikipedia

Blog – Blog yang berada di jaringan world wide web dan menggunakan protokol hypertext transfer protocol (http). Merupakan singkatan dari weblog: logging the web.

Phlog – Blog yang menggunakan protokol Gopher. Jika “B” dari blog berasal dari kata “Web”, maka “Ph” dari Phlog berasal dari kata “Gopher”. Contoh: Port70 Phlog (gopher link)

Blog merupakan wabah baru didunia internet saat ini, jadi sebelum ada melakukan blogging tidak ada salahnya kalau anda melihat beberapa pertimbangan kelebihan dan kekurangan blog.

4. Kelebihan & Kekurangan blog

a. Kelebihan blog

Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.

Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya. (Nurist Surayya dalam jurnalisme Weblog merupakan Pola Baru Jurnalisme Media Massa, hal 1, 2005) http://nurriest.blogdrive.com/archive/10.html.

Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog.

b. Kekurangan blog

beberapa kekuranga blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar.

5. Komunitas Blogger
Apa itu Komunitas Blogger?

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat atau kopdar atau ketemuan di dunia nyata..
Halaman Ini Isinya Apa?

Halaman ini berisi database komunitas-komunitas blogger di Indonesia, besar-kecil, baru-lama, lokal-nasional, pokoknya semua komunitas blogger yang ada di Indonesia. Daftar ini masih sama sekali belum lengkap, jadi tolong kita lengkapin bersama-sama ya.. Yuk, kita sama-sama usahain halaman ini jadi database komunitas blogger Indonesia yang selengkap mungkin!
Gimana Cara Gabung di Komunitas Blogger ini?

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut. Silakan teman-teman masuk saja ke web masing-masing komunitas tersebut untuk mendapatkan informasi cara bergabung di sana.
Kalo Komunitas Blogger Saya Belum Tercantum di Sini, Apa yang Harus Dilakukan?

Apabila komunitas teman-teman belum dicantumkan, silakan isi komentar di bawah, ngasih tahu nama dan link komunitas blogger yang diikuti teman-teman.
Kalo Di Daerah Saya Belum Ada Komunitas Bloggernya, Apa yang Harus Dilakukan?

Pertama-tama, cari dulu blogger-blogger lainnya di daerah teman-teman berada. Lalu janjian lah untuk bertemu di suatu tempat, alias kopi darat. Setelah ketemu ramai-ramai, buatlah ikrar atau janji setia atau cukup kesepakatan untuk mendirikan komunitas blogger di daerah itu. Berikutnya, buatlah blog yang menjadi blog aggregator dari blogger-blogger anggotanya untuk menunjukkan eksistensi komunitas blogger kamu. Terakhir, sering-seringlah kopi darat dan bikin acara, agar ikatan kekeluargaan di antara blogger anggota komunitas itu makin erat.
#
Komunitas Blogger Daerah

* Aceh – Aceh Blogger Community
* Bali – BBC
* Bandung – Batagor
* Bandung – BBV
* Banjarbaru – Banjarbaru Blogger Community
* Banten – Komunitas Blogger Banten
* Batam – Batam Blogger Community
* Bekasi – bloggerbekasi.com
* Bogor – blogor.org
* Cirebon – Blogger Cirebon
* Depok – deBlogger
* Garut – Blogger Garut
* Gorontalo – Tumbilotohe
* Jakarta – Bunderan HI
* Jakarta – Kopdar Jakarta
* Jogjakarta – Angkringan Jogja
* Jogjakarta – CahAndong
* Kab. Kuantan Singingi Riau – Kuansing Blogger Community
* Kalimantan Barat – Borneo Blogger Community
* Kalimantan Selatan – Kayuh Baimbai
* Kalimantan Timur – Kaltim Bloggers United
* Kalimantan Timur – Mahakam
* Ketapang Kalimantan Barat – Kayong Blogger
* Lampung – Seruit
* Makassar – Anging Mammiri
* Malang – Blogger Ngalam
* Mojokerto – Blogger Mojokerto
* Ngawi: Kota Ngawi
* Padang – Palanta
* Palembang – Wong Kito
* Palu – Nosarara
* Ponorogo – Kotareyog
* Semarang – Loenpia
* Serang – Serang Photo Blog
* Solo – Bengawan
* Sorowako – Baris Kroni Blogger Dengen
* Subang – Komunitas Blogger Subang
* Sumatera Utara – BloggerSUMUT
* Surabaya – Tugu Pahlawan
* Tangerang – KBBC
* Wonogiri – BloWn

#
Komunitas Blogger Kampus

* Blog Institut Teknologi Telkom
* Blog Unila
* Blogger IPB
* Brawijaya Blogger Community
* Himaptika Universitas Siliwangi
* Komunitas Blogger STAN
* Sunan Gunung Djati

#
Komunitas Blogger Non-Daerah

* AntarBlog
* Blog Bobotoh Persib Bandung
* Blog.Pengajar
* BlogFam
* Bloggerian
* Komunitas Twitter Indonesia
* Perawat Ngeblog
* Rumah Blogg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar