Laman

Selasa, 20 April 2010

fasilitas - fasilitas yang ada pada yahoo

Yahoo! sejak ditemukan pada tahun 1994 oleh David Filo dan Jerry Yang memang terbukti telah memberikan kemudahan untuk beraktifitas di dunia maya (Internet). Salah satu teknologi yang pada satu dasawarsa terakhir ini semakin merajalela . Dengan internet kita dapat melakukan sesuatu dengan mudah, seperti mengirim e-mail, membangun web, chatting, melihat video online, dll.

Yahoo.com dikenal umum karena Search Engine-nya dan layanan E-mail yang tembus 1 Giga, namun selain itu ternyata ada beragam fasilitas yang lain yang bisa anda manfaatkan. Tentu sebelumnya anda diminta untuk mendaftarkan diri sebagai members Yahoo. Setelah terdaftar maka anda akan bias segera memanfaatkan fasilitasnya.

Untuk mengenal beragam fasilitas tersebut maka silahkan anda membuka di www.yahoo.com, silakan login dengan memasukkan user dan password E-mail anda. user dan password e-mail anda ini dapat digunakan pula untuk login pada semua fasilitas yang ada di Yahoo.

Fasilitas dari Yahoo antara lain:

1. Yahoo Search Engine
2. Yahoo Mail
3. Yahoo 360
4. Yahoo Address Book
5. Yahoo Babel Fish
6. Yahoo Bookmarks
7. Yahoo Briefcase
8. Yahoo Calendar
9. Yahoo Downloads
10. Yahoo Education Encyclopedia
11. Flickr
12. Yahoo News Weather
13. Yahoo Hotjobs
14. Yahoo Geocities
15. Yahoo Games
16. Yahoo Photos
17. Yahoo Greetings
18. Yahoo Groups


Search engine alias mesin pencari, adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk melakukan pencarian data, dengan berbagai karaktar dan bentuk data. Kemudahan yang kita dapat adalah sajian dari hasil pencarian tersebut bisa sangat specific, umum, atau yang hanya terkait dengan kata kunci yang anda kehendaki.

Yahoo Searh Engine adalah fasilitas utama yang menjadi unggulan dari Yahoo setelah layanan E-mail. Fasilitas ini memungkinkan user untuk mencari beragam katagori seperti website, gambar, berita, video, audio lewat Yahoo Search.
Fasilitas dari search engine yahoo ini sama fungsinya dengan mesin pencari Google, meskipun harus dimaklumi kemampuanya tak secanggih Google tetapi Yahoo search mempunyai satu keunggulan yang khusus yaitu setiap pencarian, Yahoo search selalu menampilkan kata-kata yang mirip dengan kata-kata yang anda cari.

Yahoo! Groups adalah salah satu fasilitas gratis dari Yahoo! kepada public terkait dengan bentuk komunitas forum-forum diskusi berupa mailing list. Apabila anda berkehendak membuat group ini, maka anda bisa menggunakan fasilitas dari Yahoo Groups ini. Dengan yahoo group ini anda dapat berkomunikasi secara kelompok, tentunya dengan para members yang sudah terdaftar di group tersebut.
Mailing list, Yahoo! Groups tidak hanya berfungsi untuk menyebarkan informasi melalui email ke beberapa orang dengan cepat. Tetapi Yahoo! Groups juga menawarkan beberapa fitur yang menarik yaitu sebagai tempat untuk berbagi foto, pesan dan data, dll.
Yahoo 3600 merupakan salah satu fasilitas dan produk yang khusus disediakan oleh Yahoo untuk fungsi pembuatan blog pribadi, Jadi Yahoo 3600 kegunaanya seperti Blogspot milik Google. Memang gema dari fasilitas ini kurang begitu keras berdentum di kalangan blogger di Indonesia.
Fasilitas yang disediakan yahoo ini memang dianggap kurang popular karena fasilitas yang disediakan, ada kemungkinan juga karena promosinya. Ketika mengunjunginga didapatkan penjelasan sebagai berikut: Yahoo! 360° is closing on July 13, 2009. To stay connected, we recommend moving your content and posts to your new profile on Yahoo!. After July the 12th, you will not have access to anything on 360°.
Hal ini berarti fasilitas Yahoo ini sudah akan berakhir dalam hitungan bulan ke depan. Bagi teman-teman yang membangun blog disitu bisa segera mengguras data/content untuk diposting di domain yang lain.
Yahoo Babel Fish adalah salah satu fasilitas yang siapkan oleh Yahoo untuk menerjemahkan kata-kata dari bahasa Inggris ke dalam 12 bahasa didunia. Bagi anda yang sering membutuhkan bantuan untuk alih bahasa, baik untuk tugas kuliah, membuat proposal, atau untuk membuat bisnis paid review, salah satu alternatif yang bisa anda pergunakan adalah translator ini.
Apabila anda menggunakan fasilitas ini maka hasilnya menurut amatan saya hasilnya lumayan bisa dibaca manusia, he..he..tapi terkadang memerlukan editing yang lumayan banyak. Ya ini adalah sebuah resiko dari penggunaan alat yang masih bersifat umum.
Fasilitas Yahoo ini berfungsi dan bermanfaat untuk menyimpan alamat blog/website yang pernah anda buka dan kunjungi. Hasil bookmarks ini dapat tersimpan secara online, sehingga anda tidak sulit, ribet lagi untuk mengingat-ingat atau membawa catatan tentang alamat website-website penting yang perlu dikunjungi kembali.
Untuk menggunakan fasilitas Yahoo Bookmarks ini, maka anda terlebih dahulu melakukan Download Yahoo! Toolbar. Instal maka akan muncul di toolbar browser komputer anda.
Setelah itu maka anda dapat dengan mudah melakukan aktifitas seeperti:
• Menyimpan dan mengakses bookmark setiap anda online.
• Mencari fasilitas bookmark.
• Menelusuri folder-folder bookmark anda dari Yahoo! Toolbar.
Dalam operasi menggunakan toolbat ini anda perlu mengelola file bookmark dengan membuat folder katagori, sehingga akan memudahkan anda untuk mencari kembali. Bisa dibayangkan kalau jumlahnya banyak maka akan lebih lama untuk mencari sebuah alamat.
Yahoo Downloads merupakan program yang dikeluarkan oleh Yahoo untuk memfasilitasi desktop online. Memang masih terasa disana-sini keterbatasan akan fasilitas ini. Namun bagi anda yang berminta tentu akan baik aja untuk dicoba memakainya.beberapa software-software gratis juga disipakan oleh Yahoo. Nada bisa download softwarenya pada Yahoo Downloads.
Flickr adalah fasilitas yang disiapkan Yahoo untuk memfasilitasi anda dalam menyimpan foto/gambar secara online. Untuk luasan akses anda bisa memilih apakah foto/gambar tersebut di publikasikan pada umum atau atau hanya sebatas untuk kepentingan pribadi saja. Anda silahkan untuk mencoba fasilitas yang satu ini. Meskipun tampilannya terpisah dengan Yahoo namun pada saat anda login dengan ID user Yahoo maka anda bisa masuk dan mengaktifkan account flickr anda.
Foto atau gambar terkadang sangat erat hubunganya dengan tulisan yang diposting di blog, hal ini karena kemampuannya untuk menjelaskan lebih detai dari sisi yang lain. Untuk melengkapi penjelasan mengenai informasi atau data yang disampaikan supaya bisa diterima dan dimengerti dengan baik.
Flickr bisa anda gunakan sebagai salah satu alternatif untuk keperluan yang demikian, karena Flickr memang disdiakan yahoo khusus sebagai tempat bertukar photo di internet. Bagi yang hobby photographi maka keberadaan Flickr bisa menjadi pelabuhan untuk tempat mencari dan menambah pengetahuan mengenai dunia photographi.
Disamping flickr maka Yahoo juga menyiapkan pilihan lainya yaitu Yahoo Photos. Fasilitas ini merupakan layanan kepada anda untuk menyimpan foto secara online diserver Yahoo.
Yahoo Geocities adalah fasilitas yang disiapkan Yahoo untuk para user dalam hal penyediaan hosting gratis. Alamat yang akan diberikan oleh geocities adalah http://www.geocities.com/nama_anda, sedangkan untuk kapasitas yang disiapkan adalah sebesar 15 MB. Dengan Yahoo geocities maka anda akan bisa membuat web personal maupun untuk keperluan lain seperti bisnis, dll.
Untuk memanfaatkan fasilitas ini anda bisa klik disini.
Yahoo juga menyediakan fasilitas games bagi nada pecinta permainan ini. Apabila anda suntuk dengan segala aktifitas anda bisa mencoba bermain game gratis dari Yahoo. Di Yahoo Games disediakan ratusan game yang dapat di gunakan dengan kondisi online atau download offline untuk main dikomputer anda.
Yahoo! Groups adalah salah satu fasilitas gratis dari Yahoo! kepada public terkait dengan bentuk komunitas forum-forum diskusi berupa mailing list. Apabila anda berkehendak membuat group ini, maka anda bisa menggunakan fasilitas dari Yahoo Groups ini. Dengan yahoo group ini anda dapat berkomunikasi secara kelompok, tentunya dengan para members yang sudah terdaftar di group tersebut.
Mailing list, Yahoo! Groups tidak hanya berfungsi untuk menyebarkan informasi melalui email ke beberapa orang dengan cepat. Tetapi Yahoo! Groups juga menawarkan beberapa fitur yang menarik yaitu sebagai tempat untuk berbagi foto, pesan dan data, dll.
Untuk menggunakan fasilitas ini anda bisa klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar