Laman

Jumat, 26 Februari 2010

etika berkirim dan membalas email

10 ETIKA BERKIRIM EMAIL

1. Benahi susunan email 'forwards' anda. Bila anda ingin memforward sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain, maka luangkan sedikit waktu anda untuk menghapus tanda yang biasanya muncul. Seperti tanda '>' dsb.
@@@@@
2. Gantilah 'subject' atau judul email bila topik pembicaraan anda berubah. Seringkali setelah saling bertukar email beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun 'subject' atau judul email belum juga diganti.
Akan jauh lebih mudah untuk melacak email yang masuk bila 'subject' disesuaikan dan dapat mencerminkan isi email yang sedang anda tulis.
@@@@@
3. Hapuslah pesan reply yang tidak perlu. Beberapa program email secara otomatis memunculkan isi email yang terdahulu bila anda sedang membalas/mereplynya. Ada baiknya anda menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar anda anggap perlu.
@@@@@
4. Jangan teruskan surat berantai. Anda tentu merasa terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi anda sebuah email tentang humor atau cerita-cerita, kemudian meminta anda untuk meneruskannya dengan segera pada 10 teman anda yang lain, atau bila tidak maka anda akan ketiban sial. Mengapa anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila anda meneruskan email semacam ini. Hapus saja dengan menekan tombol 'delete'
@@@@@
5. Hormati privacy orang lain. Ini termasuk juga alamat email mereka. Bila anda sedang mengirim email ke sejumlah orang yang mungkin satu sama lain tidak saling mengenal, gunakan 'bcc' atau'blind carbon copy' agar alamat-alamat email mereka tidak saling diketahui. Bila anda mudah mengirim email ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbangkan saran ini, maka bersiap-siaplah untuk dikomplain karena mereka menerima spam.
@@@@@
6. Jangan melakukan spam. Mungkin saja anda tidak sengaja melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat email yang mereka dapat dari 'forwaded email', kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.
@@@@@
7. Jangan berteriak-teriak. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol 'caps lock') dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkin menganggap anda sebagai pengguna internet yang tidak baik atau tidak sopan sama sekali.
@@@@@
8. Jangan mudah 'terbakar', over reaksi atau terburu-buru menghapus suatu email tanpa berusaha memikirkannya dengan baik. Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespon atas sesuatu email yang membuat kita marah. Begitu juga dengan beremail ria. Bila anda merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan emosional pula. maka sebaiknya jangan keburu anda kirim email tersebut.
Simpanlah dulu dalam 'draft folder' selama beberapa hari untuk dibaca ulang. Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-buru menanggapi sutu email tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.
@@@@@
9. Bersabarlah dalam menunggu 'reply'. Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas email anda dengan segera. Masih banyak orang yang mengecek email mereka seminggu sekali.
@@@@@
10. Akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang anda anggap lucu. Jangan terus menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya meskipun dengan ucapan terima kasih. Jangan lupa, luangkan waktu juga untuk memikirkan apa yang kita forwardkan dan kepada siapa kita memforwardkan suatu email. Tidak semua orang setuju atau suka dengan materi yang kita forwardkan.
Untuk orang-orang tertentu, subjek-subjek tertentu (yang kita anggap lucu dan menarik atau ringan) bisa jadi sangat sensitif dan serius.


Cara dan Etika mengirim Email Bisnis

Selain pembawaan diri dan penampilan, ternyata cara seseorang menuliskan e-mail bisa mengungkap kepribadiannya. Berikut adalah beberapa panduan mengenai penulisan e-mail untuk membuat Anda tetap terlihat profesional.

1. Kirimkan konfirmasi follow-up
Jika Anda dan rekan kerja atau bos baru saja selesai menyepakati suatu keputusan secara langsung, namun tak ada notulen, segeralah menuliskan hasilnya dalam surat elektronik untuk segera dikirimkan kepada orang tersebut. Ini penting untuk mencegah kesalahpahaman, ketidaksetujuan, dan kelupaan. Mengkonfirmasi keputusan dalam bentuk tulisan memastikan setiap orang memiliki kesamaan dan memastikan segalanya terbahas untuk mencegah kesalahan di masa mendatang.

2. Mengedit diri sendiri
Untuk surat-surat penting, selalu pastikan Anda mengecek ulang untuk kesalahan pengetikan setidaknya sekali sebelum dikirimkan. Untuk hasil yang lebih pasti, sebelum dikirim, coba cetak dalam bentuk kertas, kemudian baca kembali. Kritislah pada tulisan Anda sendiri. Apakah ada salah huruf, salah penggunaan kalimat, hingga kemungkinan terjadinya salah paham.
3. Pikir sebelum mengirim
Ada sebagian orang yang seringkali tersulut emosi saat akan menjawab e-mail yang kontroversial atau berpotensi memicu adu mulut. Anda tentu masih ingat kasus Prita Mulyasari dan Luna Maya, kan? Mereka menuliskan komentar dalam bentuk yang kurang mengenakkan bagi pihak lain sehingga akhirnya berujung tidak menyenangkan. Jika Anda akan membalas surat elektronik yang berpotensi memicu kemarahan, cobalah untuk menuliskan apa yang ingin Anda katakan, setelah selesai, jangan dulu dikirim. Biarkan tulisan itu hingga satu jam, sementara Anda melakukan hal lain yang jauh dari komputer. Setelah satu jam, baca kembali surat Anda. Perkirakan dan tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah jawaban yang Anda tuliskan itu cukup profesional, produktif, tidak merugikan siapa pun, dan memberikan manfaat untuk orang lain? Jika ya, silakan kirim. Jika tidak, segera klik tombol delete.
4. Hormati BCC
BCC, kolom yang ada di bawah alamat e-mail tujuan merupakan singkatan dari blind carbon copy. Artinya, ketika Anda menuliskan alamat tujuan di bagian tersebut, maka alamat tersebut tak akan terlihat di e-mail si penerima. Ketika Anda menerima e-mail dari orang lain, dan alamat e-mail Anda tidak terlihat di daftar kiriman, ini berarti bahwa si pengirim tidak ingin ada orang lain mengetahui bahwa Anda mendapatkan e-mail tersebut. Sayangnya, banyak orang merespon e-mail dengan cepat, sehingga mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang disembunyikan keterlibatannya. Untuk melindungi diri Anda dan si pengirim, jangan merespon surat yang dikirimkan kepada Anda dalam bentuk BCC. Dan selalu pastikan bahwa keterlibatan Anda sudah diketahui secara publik sebelum merespon pada e-mail grup.
5. Perhitungkan kesopanan dalam mengirimkan respon apa pun
Untuk surat-surat yang penting, akan sangat diharapkan balasan. Ketika Anda menerima surat penting, dan si pengirim pun meminta konfirmasi, kirimkanlah surat pemberitahuan bahwa Anda sudah menerima surat tersebut. Namun, ini bukan berarti bahwa setiap surat yang Anda terima dari rekan kerja harus Anda balas. Rekan kerja Anda juga akan kesal jika inbox e-mail-nya hanya berisi surat konfirmasi bahwa Anda sudah menerima e-mail darinya. Andalah yang lebih tahu, respon apa dan kapan diperlukan.
6. Jangan melibatkan emosi
Tempat kerja adalah tempat untuk berbisnis. Seharusnya isi e-mail yang tentang pekerjaan, sifatnya profesional dan resmi. Ingatlah, bahwa beberapa perusahaan memiliki kebijaksanaan untuk memonitor e-mail yang dikirim dan terkirim.

7. Jangan terbiasa menggunakan fitur “reply all”
Satu-satunya alasan tepat untuk membalas rantai e-mail ke seluruh orang yang dikirimkan (thread) adalah karena Anda memiliki informasi yang ingin dikirimkan kepada seluruh anggota grup tersebut. Tak jarang orang yang mengirimkan balasan dengan fitur reply all, tidak memiliki pesan terlalu penting untuk semua orang. Biasanya kepentingannya hanya kepada si pengirim pertama. Nah, orang-orang lain harus mendapati inbox e-mailnya penuh pesan-pesan tak penting untuknya akan merasa terganggu. Lebih parahnya lagi, kebiasaan menggunakan fitur ini rawan membeberkan informasi yang seharusnya tak diketahui pihak lain. Biasakan untuk hanya membalas surat elektronik berantai kepada si pengirim pertama saja.
8. Jangan mengirimkan e-mail pribadi lewat akun bisnis
Perusahaan Anda memiliki hak untuk membaca segala bentuk komunikasi yang terjadi melalui kanalnya. Ini berarti, segala e-mail yang berisi ekspresi cinta, keluhan kepada bos, atau segala hal yang personal sebaiknya dilakukan melalui akun pribadi saja. Plus, Anda bisa dinilai sebagai orang yang malas jika ada rekan kerja yang menilai Anda sedang melakukan kegiatan pribadi di jam kerja.

9. Jangan mengkomunikasikan segalanya dalam bentuk tulisan
Seringkali, kita, manusia urban bergantung pada fasilitas elektronik, sehingga membatasi interaksi sosial. Sesekali, cobalah untuk menyiapkan waktu untuk berdiskusi dengan rekan kerja Anda secara langsung.
sumber: kompas.com

Etika Beremail: Membalas Email

Dalam membalas email sebaiknya kita memperhatikan hal-hal berikut ini:
1. Hati-hati dengan pilihan REPLY ALL. †pastikan hanya orang yang benar-benar membutuhkan balasan yang mendapatkan email balasan anda.
2. Hati-hati ketika membalas email dalam sebuah daftar distribusi †tidak semua orang ingin mendapatkan ucapan “rotfl� atau “terima kasih�.
3. Ubah Subjek email balasan †jika anda menambah informasi pada sebuah email, mungkin akan lebih berguna jika anda merubah subjek email, sesuai dengan isinya.

10 Etika Komunikasi “e-mail”
10 etika ber-e-mail

1. Reformat atau benahi “forwards” Anda
Jika suatu pesan dianggap penting untuk di-forward kepada pihak lain, sempatkan untuk di-forward kepada pihak lain, sempatkan pula untuk menghapus tanda yang biasanya muncul, seperti “>” atau lainnya. Jika suatu pesan di-forward masih dalam kondisi tidak rapi, penerima pesan akan merasa Anda orang malas dan tidak menghargai orang lain.
kecuali kalo gwa yang nerima mah… gapapapapapapa
2. Ubah “subject” atau judul e-mail jika topik berubah
SEring terjadi setelah beberapa kali saling bertukar e-mail, ,topik pembicaraan berubah. Untuk itu, subject nya pun harus diubah, untuk memudahkan Anda melacak e-mail yang masuk bila subject diubah dengan disesuaikan isi dari e-mail tersebut.
3. Hapuslah pesan sebelumnya saat Anda membalas e-mail (reply)
Anda harus menghapus pesan teks bila tidak diperlukan saat membalas pesan tersebut.

4. Tahan dan jangan teruskan surat berantai
intinya sih, jangan suka nge-forward pesan2 yang ga penting karena guman menuhin inbox dan ganggu yang punya e-mail.

5. Hormati “privacy” orang lain
Alamat e-mail termasuk dalam wilayah privacy orang. Bila Anda mengirim e-mail yang sama ke beebrapa orang sekaligus, sementara mereka satu sama lain tidak saling mengenal, dianjurkan menggunakan ‘bbc’ atau blind carbon copy agar alamat2 e-mail mereka tidak saling dikaetahui. Bila Anda mengabaikan saran ini, ,bersiap-siaplah Anda kena komplain sasat mereka menerima spam.
tuh! makanya kalo dapet imel tuuh ga usah gembar gembor ke orang, pripasi tau!
nb: do not ask me bout bbc spam or something like that lah yah…
6. jangan kirim “spam”
Bisa jadi, Anda memang tidak sengaja melakukan spam. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa jika mereka menggunakan alamat2 e-mail yang mereka dapat dari forwarded e-mail, kemudian menggunkannya tanpa permisi, ini sudah termasuk kategori spam. Jika Anda lakukan ini dan pemilik e-mail (yang mendapat kiriman spam) melaporkannya kepada administrasi, Anda akan kehilangan hak istimewa.
7. Jangan berteriak-teriak
artinya: jangan pake huruf2 besar, tanda seru banyak2. Ga sopan!
8. jangan mudah terbakar dan overreaksi
Jangan membalas email saat emosi, lebih baik disimpan terlebih dahulu dalam draft, kemudian bisa Anda check kembali sebelum Anda kirim pada yang dituju.
ga usah marah lah kalo ada imel tentang kecantikan akhuh! itu mah nyatah!

9. Bersabarlah saat menunggu reply
Tidak semua orang rajin membaca e-mailnya sehingga tidak bisa juga kita memaksa mereka membalas email kita.
makanya, sms aja atuh mau cepet mah, telpon, datenngin langsung ke rumahnya!

10. Pahamilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang Anda anggap lucu
Jangan terlalu sering mengirim email pada seseorang jika orang tersebut tidak meresponnya deengan baik.
Apalagi mengirim e-mail yang dianggap lucu, bisa saja menjadi bagian yang sensitif dan dianggap serius oleh pembacanya.




Etika Menulis Email

Cara Anda menulis email merefleksikan banyak hal. Status Anda di tempat kerja, cara Anda bekerja, tingkat stres, bahkan kepribadian Anda. Email, atau surat elektronik, merupakan cara berkomunikasi yang sangat penting bagi para atasan. Sebaliknya, email juga dapat disalahgunakan bila digunakan dengan cara yang salah. Berikut ini 10 dasar kiat menggunakan email yang baik.
1. Email bukan satu-satunya cara berkomunikasi
Email merupakan cara berkomunikasi yang cepat, mudah, serta dapat disimpan. Email sanggup mengirimkan pesan ke seluruh dunia hanya dengan mengklik mouse. Tetapi email juga dapat menyesatkan para atasan untuk berpikir bahwa mereka dapat mengatur pegawainya hanya melalui email. Jadi, gunakan email secara bijaksana tetapi jangan mengatur perusahaan melalui email. Anda tidak dapat mendekati semua orang yang ingin Anda dekati hanya melalui email, karena kehadiran Anda tidak dirasakan.
2. Tuliskan email secara pendek dan dengan kata-kata yang baik
Hindari menulis email yang sangat panjang. Melihat email yang panjang biasanya membuat orang malas membacanya, sehingga bisa jadi baru dibaca pada sore atau bahkan keesokan harinya. Anda harus tahu, kapan waktunya harus berbicara langsung dengan orang yang Anda tuju dengan mendatanginya atau cukup melalui telepon.
3. Tulis isi email dengan jelas
Ungkapkan maksud Anda dengan jelas. Perjelas mengenai hal yang diprioritaskan dan hal yang harus dikerjakan. Sertakan tombol jawaban agar Anda tahu bahwa email Anda sudah dibaca dan dimengerti oleh orang yang dituju.
4. Terbuka terhadap pertanyaan
Dukung pegawai untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Dengan demikian memperlihatkan bahwa Anda selalu terbuka bagi mereka.
5. Ungkapkan kemarahan lewat tatap muka langsung
Isi email yang penuh amarah atau yang berisi kritikan dapat merupakan awal dari keributan. Persingkat email Anda agar tidak ada salah interpretasi pada yang menerimanya. Kendalikan pesan yang disampaikan, serta kendalikan juga perasaan Anda pada waktu menulis email tersebut. Dengan menelepon atau mendatangi langsung orang yang bersangkutan, merupakan cara yang jauh lebih baik bila ada hal-hal yang tidak memuaskan yang perlu dibicarakan.
6. Batasi email humor
Muka yang tersenyum memperlihatkan bahwa Anda sedang membaca sesuatu yang lucu. Tetapi terlalu banyak tersenyum akan mengganggu pada waktu Anda harus menulis email yang serius. Beberapa perusahaan melarang mengirimkan email yang berisi lelucon karena mengganggu waktu bekerja Anda.
7. Lima menit antara waktu menerima dan membalas email
Waktu lima menit merupakan waktu yang wajar dalam menjawab email. Bila pada saat akan menulis email Anda sedang marah, sebaiknya tunda dulu. Berdiri dari kursi kerja Anda, jalan di sekitar ruang kerja atau lakukan sesuatu sebelum mulai menulis email kembali.
8. Setiap hari tentukan waktu untuk menjawab email
Bila Anda sibuk, delegasikan kepada seseorang untuk menjawabnya (sekretaris atau bawahan Anda yang lain).
9. Belajar menulis email yang baik
Menulis email yang baik memerlukan latihan. Email harus memiliki beberapa peran dalam komunikasi Anda, apakah dengan para pegawai, teman usaha, atau dengan yang lainnya. Anda harus menyadari, tidak semua orang ataupun pegawai bisa bertemu muka dengan Anda secara teratur sehingga tidak dapat disalahkan bila mereka memberikan penilaian tertentu terhadap cara Anda menuliskan email.
10. Gunakan bahasa yang baik
Hindari kesalahan mengetik dan penggunaan kata-kata yang berantakan serta kata-kata klise.

Selasa, 23 Februari 2010

about blog

1.Apakah blog itu?

Sebuah blog adalah buku harian pribadi. Mimbar Anda setiap hari. Kotak sabun politik. Outlet berita terkini. Koleksi link. Pikiran pribadi Anda sendiri. Catatan untuk dunia.

Blog Anda menjadi apapun yang Anda inginkan. Ada berjuta-juta blog, dalam segala bentuk dan ukuran, dan tidak ada aturan yang sesungguhnya.

Dalam terminologi sederhana, sebuah blog adalah sebuah situs web, di mana Anda menuliskan hal-hal yang berbasis peristiwa yang sedang berlangsung. Hal yang baru tampil di paling atas, sehingga pengunjung Anda dapat membaca apa yang baru. Kemudian mereka dapat mengomentarinya atau menambahkan link atau mengemail Anda. Atau tidak.

Sejak Blogger diluncurkan pada 1999, blog telah mengubah bentuk web, mempengaruhi politik, mempertajam jurnalisme, dan memungkinkan jutaan orang untuk memiliki suara dan terhubung dengan yang lain.
Publikasikan pemikiran Anda
Antarmuka publikasi Blogger

Sebuah blog memberikan Anda suara Anda sendiri di web. Blog adalah sebuah tempat untuk mengumpulkan dan berbagi hal-hal yang Anda anggap menarik— baik itu komentar politik Anda, sebuah diary pribadi, atau link ke situs web yang ingin Anda ingat.

Banyak orang menggunakan blog hanya untuk mengorganisasikan pikiran mereka, sementara yang lain membuat blog yang membuat banyak pengaruh dengan ribuan pemirsa di seluruh dunia. Jurnalis dan amatir menggunakan blog untuk menerbitkan berita terkini, sementara jurnalis personal membeberkan pemikiran terdalam mereka.Bloger akan membantu anda.
Ajaklah teman-teman Anda.

Blogging adalah lebih dari sekedar meletakkan pemikiran Anda di web. Blogging adalah mengenai terhubung dengan dan mendengar dari siapapun yang membaca pekerjaan Anda dan peduli untuk memberi respon. Dengan blogger, Anda dapat mengendalikan siapa yang dapat membaca dan menulis ke blog Anda — ijinkan hanya beberapa teman saya atau seluruh dunia melihat apa yang harus Anda katakan!

Komentar Blogger memunkinkan setiap orang, di mana saja, menawarkan umpan balik atas posting Anda. Anda dapat memilih apakah Anda ingin mengijinkan komnetar berdasarkan posting demi posting, dan Anda dapat menghapus komentar manapun yang Anda tidak suka.

Kontrol Akses memungkinkan Anda memutuskan siapa yang bisa membaca dan menulis blog Anda. Anda bisa menggunakan group blog dengan banyak penulis sebagai alat komunikasi untuk tim kecil, keluarga, atau kelompok lain. Ada sebagai penulis tunggal, Anda bisa membuat ruang privat untuk mengumpulkan berita, link, dan ide untuk Anda pakai sendiri atau dibagikan kepada sebanyak mungkin pembaca yang Anda mau.

Profil Blogger memungkinkan Anda menemukan orang dan blog yang membagikan ketertarikan Anda. Profil Blogger Anda, tempat Anda dapat mendaftarkan blog Anda, hobi Anda, dan banyak hal, ijinkan orang menemukan Anda (tetapi hanya jika Anda ingin ditemukan).
Desain blog Anda

Baik Anda baru memulai blog Anda, atau baru berpikir untuk mengubah tampilan blog Anda, tool pengedit Blogger yang mudah digunakan akan membantu Anda membuat halaman yang tampak hebat.

Template—Koleksi template kami akan membantu Anda memulai sebuah situs yang menarik segera tanpa harus mempelajari HTML, walaupun Blogger juga mengijinkan Anda untuk mengedit kode HTML blog Anda kapan saja Anda inginkan.

Warna dan font kustom— Ketika Anda siap untuk mengambil langkah berikutnya, Anda dapat lebih lanjut mengkustomisasi template kami untuk menciptakan sebuah rancangan yang secara sempurna merefleksikan Anda dan blog Anda.

Drag-and-drop Elemen halaman — Sistem sederhana drag-and-drop memungkinkan Anda dengan mudah memutuskan di mana Anda meletakkan posting, profil, arsip dan bagian lain halaman Anda.
Posting Foto

Kadang-kadang Anda hanya ingin berbagi foto. Ada tombol untuk mengupload foto di antarmuka Blogger. Cukup klik tombol foto untuk mengupload foto Anda dari komputer Anda. Jika foto yang ingin Anda masukkan ke blog sudah ada di website, itu juga bisa dipakai. Cukup beritahu kami di mana gambar itu.

Anda juga dapat mengirimkan foto dari kamera telepon langsung ke blog Anda ketika Anda dalam-bepergian dengan Blogger Mobile.
Go Mobile

Blogger Mobile memungkinkan Anda mengirimkan foto dan teks langsung ke blog Anda selagi Anda di perjalanan. Yang Anda perlukan hanyalah mengirim email ke go@blogger.com dari ponsel Anda. Anda bahkan tidak perlu account Blogger. Pesan itu sendiri cukup untuk menciptakan blog baru dan memposting foto dan teks yang Anda kirimkan.

Nantinya, jika Anda ingin untuk mengklaim blog mobile Anda atau menukar posting Anda ke blog lainnya, cukup login ke go.blogger.com dan gunakan kode klaim Blogger yang dikirimkan ke telepon Anda.

Kami mendukung sebagian besar perangkat mobile di AS dan seluruh dunia. Apabila Blogger Mobile tidak tersedia pada penyedia layanan Anda, Anda masih tetap dapat mengirim surat ke blog Anda dengan menggunakan Mail-to-Blogger.
Memulai

Cara tercepat untuk mengerti blogging adalah dengan mencobanya. Kami telah bekerja sangat keras untuk membuatnya sangat mudah untuk Anda.Klik saja link di bawah, dan Anda bisa menjadi bagian dari fenomena yang mengubah web dan media menjadi aktivitas berpartisipasi dalam kurang dari menit lima . Sungguh!.

Apa akan terjadi kemudian ? Siapa yang tahu. Mungkin saja akan menyenangkan.

Dan ingat: Blogger sepenuhnya gratis, dan jika Anda menemui kesulitan, cukup klik pada tombol Bantu dari layar manapun, dan Anda dapat menemukan jawaban yang Anda cari — atau bahkan bertanya pada staff pendukung kami yang berdedikasi.

2. Sejarah blog

Perkembangan Didunia maya semakin hari semkin canggih saja, didunia maya atau yang sering di kelan dengan internet. Orang bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan, dari belajar, chatt mencari artikel, streaming Video, membuat blog, dll.

Dan disisini saya akan sedikit mengulas apa sech blog itu dan apa manfaatnya bagi kita, Blog adalah kepanjangan dari webblog. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger tepatnya pada bulan Desember 1998 Dia menggunakan weblog untuk memberikan nama kepada kelompok orang yang mempunyai website pribadi dan selalu meng-update website-nya tersebut, baik itu berita, link ke website lain, curhatan, tutorial dan lainnya. Dan disertai komentar-komentar dari tulisannya tersebut. Pada awalnya blog hanyalah catatan perjalanan seseorang yang di publish di internet.

Sementara Sementara Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet. Intinya Blog itu adalah website yang bersifat persolan, yang memuat opini pesonal dan hal-hal lain yang merupakan aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin ia kabarkan pada komunitas global dunia. Meskipun personal, isinya bisa dinikmati siapa saja darimana saja dan kapan saja.

Dan manfaat blog pun bermacam-macam dari ngeblog kita bisa mendapatkan apa saja bila kita mampu. Dari mencari teman, menuangkan ide kita ataupun unek-unek di dalam blog, bisa dibuat sebagai tempat curhat. Dan tidak kalah pentingnya blog juga bisa kita buat sebagai sarana mencari pendapatan ataupun uang, dari mana kita bisa dapet uang?? Sebagai orang yang masih awam pasti bertanya-tanya bagaimana caranaya?. caranya sangat simple sekali, dari pasang iklan,ikutan lomba ataupun kompetisi blog, Memasang adsanse yang disediakan oleh google. Dan masih banyak yang lainya. Jadi ngeblog menurut saya sangatlah asyik dan tidak ada ruginya dari ngeblog kita bisa mendapatkan apa yang kita mau. Yupz, mungkin itu sedikit pengertian tentang blog dan beberapa manfaatnya sebetulnya masih banyak sekali. Tapi itu semua sudah mewakili dari keseluruhan.

saya pribadi berpesan kepada semauanya terutama anak bangsa, tinggkatkan IT indonesia dengan berbagai macam cara, Walapun hanya sekedar ngeblog. Semangat terus para blogger Indonesia tunjukan bahwa kalian yang terbaik.


3. Jenis-Jenis Blog

Kategori : Basic / Newbie's, Blogging Knowledge, Contents, Culture & Glossary, In Depth | Tags: blogging, comic, Corporate Blogging, Infrastruktur Blogging, photo, Tentang Blogging |
moveable-type-blog by pub_lick_smith

moveable-type-blog by pub_lick_smith

Setiap harinya, entah berapa jumlah blog baru yang muncul di blogosphere. Setelah beberapa riset sederhana (blogwalking – red), kami menemukan kesamaan pola dari blog – blog yang ada sehingga kita dapat mengelompokkan dan membaginya ke dalam beberapa jenis blog. Tidak perlu banyak introduksi, here we go :
Berdasarkan Jenisnya

Online Diary / Online Journal / Personal blog. Blog yang berisi hal – hal seperti pengalaman, opini, atau pendapat pribadi dari blogger yang mempublish-nya. Entah ber-niche atau tidak, satu poin penting dari personal blog adalah jenis blog ini mengandalkan spontanitas dari blogger itu sendiri. Update dilakukan ( bisa berupa update teratur atau tidak ) setiap blogger memiliki “sesuatu” utuk disampaikan via blog nya. Contoh : http://rahard.wordpress.com ( Budi Rahardjo ), http://radityadika.com ( Raditya Dika )

Corporate Blog. Blog yang di publish oleh korporasi. poin pentingnya adalah, blog ini merupakan online representative atau “wajah dari perusahaan” tersebut di ranah internet. BIasanya berkontenkan langkah – langkah yang diambil oleh perusahaan, press realease, konfirmasi terhadap suatu isu tertentu, budaya perusahaan, ulasan mendalam tentang suatu isu yang berkaitan dengan perusahaan, dsb. Contoh : http://ycorpblog.com ( Yahoo! ) , http://googleblog.blogspot.com ( Google ) , http://www.boeingblogs.com/randy/ ( Boeing )

Project / Product Blog. Blog yang berisi tentang perkembangan suatu project / product. Baik project / produk tersebut berupa aplikasi web , varian baru dari suatu produk, dsb . konten dari blog jenis ini menampilkan perkembangan atau kabar terbaru dari project / produk tersebut. Contoh : www.ymessengerblog.com ( Yahoo! Messanger ), http://googlechromereleases.blogspot.com ( Google Chrome )

Niche Blog. Blog yang kontennya berfokus pada suatu niche atau topik tertentu. Pada umumnya, blog jenis ini membuat ‘blog’ nya menjadi subjek dari post yang dibuat, alias tidak menunjukan karakter dari penulis konten melainkan karakter dari blog itu sendiri. Blog jenis ini merupakan jenis blog yang mudah untuk di monetisasi ( monetisasi = menghasilkan uang ) karena memiliki target pembaca tertentu. http://publishedmind.blogspot.com ( Teknologi ), http://navinot.com ( IT in social way )
Berdasarkan Tujuannya

Blog untuk berorientasi personal. Poin – poin yang mencirikan blog jenis ini : niche nya seringkali beragam, dan bahasa yang digunakan subjektif atau berorientasi pada penulis post ( blogger oriented ). http://hermansaksono.com ( Herman Saksono )

Blog untuk Personal Branding. Blog yang dibuat untuk mempromosikan “kapasitas” atau kemampuan dari si pembuat blog / blogger. Ciri – ciri umumnya : membahas niche tertentu, banyak berisi ulasan mendalam, penggunaan bahasa yang formal atau semi formal, dan blog menunjukan karakter si blogger. Contoh : http://muhammadisman.blogspot.com ( Trainer ), http://hermawan.typepad.com ( Marketing Consultant ), http://romisatriawahono.com ( IT Consultant )

Blog untuk Monetisasi. Sering juga disebut, build for adsense, meskipun selain PPC ( Adsense ) ada juga sumber income lainya. Blog yang berorientasi pada pengunjung. informasi yang ditampilkan berorientasi pada pengunjung karena diharapkan blog memiliki banyak pengunjung. banyak pengunjung = high traffic = high clicks = high income. :) . Blog jenis ini pada umumnya sangat memperhatikan aspek – aspek yang menunjang supply traffic untuk blog, seperti aspek SEO, widget social bookmark, dsb dsb. http://problogger.net, http://shoemoney.com

Blog untuk portofolio. Blog yang menampilkan hasil karya dari blogger. pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi ( photoblog ), dan komik ( comicblog ). contoh : http://chickenstrip.wordpress.com, www.my-photo-blog.com/

Blog untuk katalog. Blog yang kontennya berisikan daftar hal – hal yang menarik untuk blogger. Pada umumnya katalog design, kumpulan link – link, dsb. Contoh : http://bestwebgallery.com, http://cssgallery.com
Berdasarkan Kontennya (Tipe media yang digunakan)

Note: Tipe ini benar-benar adaptasi bebas dari wikipedia. (kecuali copy paste blog, itu saya buat sendiri) Untuk lebih lengkapnya, silahkan langsung berkunjung ke artikel wikipedia mengenai blog

Vlog - singkatan dari Video Blog. Blog yang kontennya berisikan video. Contoh: NotSoGeeky

LinkLog - Blog yang kontennya berisikan kumpulan link. Contoh: Jennifer’s LinkLog

Sketchblog - Blog yang berkontenkan kumpulan sketsa portofolio pemiliknya. Contoh: Kristen’s Sketchblog

Photoblog / Phlog – Blog yang berkontenkan foto. Contoh: Kathleen Connally’s Photoblog

Tumbleblogs - blog berisikan entri text pendek dan kombinasi berbacai media. Contoh: poetsch.org’s tumbleblog

Typecasting Blog – Blog yang kontennya merupakan tulisan yang diketik menggunakan mesin tik / tulisan tangan / notes yang lalu di scan dan dipublikasikan melalui blog. Contoh: Type-Ten.com

Splog - singkatan dari spam blog. Blog berisikan HANYA iklan and nothing else. Terkadang disepipi beberapa konten copy paste. Contoh: Come on, sudah terlalu banyak blog seperti ini. Masa harus di beri tahu?

Blog iklan baris – Blog berisi iklan baris. Iklan, iklan dan iklan. Contoh: http://blogiklanbaris.com/

Blog Copy Paste - Blog yang kontennya copy paste dari blog lain. Contoh: Well, sepertinya tanpa saya cantumkan juga anda akan banyak menemukannya ;)
Berdasarkan Device (tools yang digunakan)

Moblog - Blog yang di update menggunakan perangkat mobile. Contoh: Dori’s Moblog
Berdasarkan Genre

Note: Again, ini adalah adaptasi bebas saya dari artikel wikipedia.

Blog juga dapat di kategorikan berdasarkan genre atau topik yang dibahasnya. Karena blog dapat membahas hampir apapun (bahkan ada juga blog mengenai blog kan? ;) ), maka saya hanya akan mencantumkan beberapa genre saja, seperti yang di cantumkan di wikipedia:

* Personal Blog – Blog pribadi, tentang seseorang
* Political Blog – Blog bertopik Politik
* Travel Blog – Blog berkategorikan travelling, atau panduan travelling
* Fashion Blog – Blog tentang fashion
* Music Blog – Blog tentang musik
* Education Blog – Blog tentang pendidikan
* ETC. Banyak sekali! Cantumkan saja topik yang di bahas di depan kata ‘Blog’ :D

Berdasarakan Protokol

Note: Idem dengan berdasarkan konten, sourcenya dari wikipedia

Blog – Blog yang berada di jaringan world wide web dan menggunakan protokol hypertext transfer protocol (http). Merupakan singkatan dari weblog: logging the web.

Phlog – Blog yang menggunakan protokol Gopher. Jika “B” dari blog berasal dari kata “Web”, maka “Ph” dari Phlog berasal dari kata “Gopher”. Contoh: Port70 Phlog (gopher link)

Blog merupakan wabah baru didunia internet saat ini, jadi sebelum ada melakukan blogging tidak ada salahnya kalau anda melihat beberapa pertimbangan kelebihan dan kekurangan blog.

4. Kelebihan & Kekurangan blog

a. Kelebihan blog

Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.

Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya. (Nurist Surayya dalam jurnalisme Weblog merupakan Pola Baru Jurnalisme Media Massa, hal 1, 2005) http://nurriest.blogdrive.com/archive/10.html.

Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog.

b. Kekurangan blog

beberapa kekuranga blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar.

5. Komunitas Blogger
Apa itu Komunitas Blogger?

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat atau kopdar atau ketemuan di dunia nyata..
Halaman Ini Isinya Apa?

Halaman ini berisi database komunitas-komunitas blogger di Indonesia, besar-kecil, baru-lama, lokal-nasional, pokoknya semua komunitas blogger yang ada di Indonesia. Daftar ini masih sama sekali belum lengkap, jadi tolong kita lengkapin bersama-sama ya.. Yuk, kita sama-sama usahain halaman ini jadi database komunitas blogger Indonesia yang selengkap mungkin!
Gimana Cara Gabung di Komunitas Blogger ini?

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut. Silakan teman-teman masuk saja ke web masing-masing komunitas tersebut untuk mendapatkan informasi cara bergabung di sana.
Kalo Komunitas Blogger Saya Belum Tercantum di Sini, Apa yang Harus Dilakukan?

Apabila komunitas teman-teman belum dicantumkan, silakan isi komentar di bawah, ngasih tahu nama dan link komunitas blogger yang diikuti teman-teman.
Kalo Di Daerah Saya Belum Ada Komunitas Bloggernya, Apa yang Harus Dilakukan?

Pertama-tama, cari dulu blogger-blogger lainnya di daerah teman-teman berada. Lalu janjian lah untuk bertemu di suatu tempat, alias kopi darat. Setelah ketemu ramai-ramai, buatlah ikrar atau janji setia atau cukup kesepakatan untuk mendirikan komunitas blogger di daerah itu. Berikutnya, buatlah blog yang menjadi blog aggregator dari blogger-blogger anggotanya untuk menunjukkan eksistensi komunitas blogger kamu. Terakhir, sering-seringlah kopi darat dan bikin acara, agar ikatan kekeluargaan di antara blogger anggota komunitas itu makin erat.
#
Komunitas Blogger Daerah

* Aceh – Aceh Blogger Community
* Bali – BBC
* Bandung – Batagor
* Bandung – BBV
* Banjarbaru – Banjarbaru Blogger Community
* Banten – Komunitas Blogger Banten
* Batam – Batam Blogger Community
* Bekasi – bloggerbekasi.com
* Bogor – blogor.org
* Cirebon – Blogger Cirebon
* Depok – deBlogger
* Garut – Blogger Garut
* Gorontalo – Tumbilotohe
* Jakarta – Bunderan HI
* Jakarta – Kopdar Jakarta
* Jogjakarta – Angkringan Jogja
* Jogjakarta – CahAndong
* Kab. Kuantan Singingi Riau – Kuansing Blogger Community
* Kalimantan Barat – Borneo Blogger Community
* Kalimantan Selatan – Kayuh Baimbai
* Kalimantan Timur – Kaltim Bloggers United
* Kalimantan Timur – Mahakam
* Ketapang Kalimantan Barat – Kayong Blogger
* Lampung – Seruit
* Makassar – Anging Mammiri
* Malang – Blogger Ngalam
* Mojokerto – Blogger Mojokerto
* Ngawi: Kota Ngawi
* Padang – Palanta
* Palembang – Wong Kito
* Palu – Nosarara
* Ponorogo – Kotareyog
* Semarang – Loenpia
* Serang – Serang Photo Blog
* Solo – Bengawan
* Sorowako – Baris Kroni Blogger Dengen
* Subang – Komunitas Blogger Subang
* Sumatera Utara – BloggerSUMUT
* Surabaya – Tugu Pahlawan
* Tangerang – KBBC
* Wonogiri – BloWn

#
Komunitas Blogger Kampus

* Blog Institut Teknologi Telkom
* Blog Unila
* Blogger IPB
* Brawijaya Blogger Community
* Himaptika Universitas Siliwangi
* Komunitas Blogger STAN
* Sunan Gunung Djati

#
Komunitas Blogger Non-Daerah

* AntarBlog
* Blog Bobotoh Persib Bandung
* Blog.Pengajar
* BlogFam
* Bloggerian
* Komunitas Twitter Indonesia
* Perawat Ngeblog
* Rumah Blogg

Selasa, 16 Februari 2010

tutorial pembuatan blog

1.Apa itu Blog ?

Blog ( singkatan dari Web log) adalah situs yang sifatnya lebih pribadi, yaitu lebih berat kepada penggambaran dari si pembuat blog itu sendiri.

Blog dibuat oleh para desainer penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah untuk dioperasikan , jadi bagi kita-kita yang masih bingung dengan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website tidak jadi persoalan. Apabila anda sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun saya yakin anda bisa.

2. Cara membuat blog

Seperti halnya e-mail, dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah account terlebih dahulu, oleh karena itu silahkan daftarkan diri anda terlebih dahulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Free blog provider sangatlah banyak terdapat di internet dan beberapa yang populer saat ini adalah http://www.blogger.com, http://www.wordpress.com serta http://blogsome.com.

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara pembuatan blog di http://www.blogger.com, Silahkan anda klik gambar dibawah untuk mendaftar.

ciptakan blog sekarang juga



Setelah anda berada pada situs blogger.com, anda akan melihat gambar seperti gambar di atas. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "


2. Isilah Alamat Email dengan alamat email anda (tentunya yang valid)


3. Isikan kembali alamat email anda tadi pada form Ketik ulang alamat email


4. Tuliskan password yang anda inginkan pada form Masukkan sebuah password


5. Isikan kembali password anda tadi pada form Keyik ulang sandi (password)


6. Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin anda tampilkan


7. Tulis tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda tik/cek pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.


8. Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"


9. Tuliskan judul blog yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi) pada form Judul Blog


10. Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog (URL)


11. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".


12. Pilihlah gambar (template) yang anda inginkan (nanti bisa di rubah lagi), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"


13. Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah di iptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan anda tuliskan semau anda, jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".

Untuk para blogger baru, sobat akan menikmati fasilitas baru dari blogger.com, yaitu sobat bisa mengatur jenis font (hurup) serta warna font dengan sangat mudah. Di bawah adalah langkah untuk mengatur Fonts And Colors (khusus untuk blogger baru dengan template baru, sedangkan untuk blogger yang memakai template klasik, menu ini tidak disediakan). Klik menu "Fonts and Colors", maka akan muncul beberapa pengaturan : (ini khusus untuk template "minima")

1. Page Background color --> pengaturan warna background blog. Silahkan klik warna yang ada di sebelah kanan yang di sukai


2. Text Color --> pengaturan warna hurup dari posting-an


3. Link Color --> pengaturan warna hurup yang di link


4. Blog Title Color --> pengaturan warna hurup judul Blog


5. Blog Description Color --> pengaturan warna hurup deskripsi blog


6. Post Title Color --> pengaturan warna hurup judul posting-an


7. Border Color --> pengaturan warna kotak yang mengelilingi judul blog, serta garis pemisah


8. Sidebar Title Color --> pengaturan warna hurup judul yang anda di sidebar (kolom samping)


9. Sidebar Title Color --> pengaturan warna hurup yang ada di sidebar(kolom samping)


10. Visited link Color --> pengaturan warna hurup link ketika pengunjung mengarahkannya ke tulisan yang mengandung link


11. Text Font --> pengaturan jenis hurup,berlaku untuk hurup hasil dari posting-an ataupun hurup yang ada di sidebar


12. Sidebar Title Font --> pengaturan jenis hurup untuk judul yang ada di sidebar serta tanggal postingan


13. Blog Title Font --> pengaturan jenis hurup Judul blog


14. Blog Description Font --> Pengaturan jenis hurup dekripsi blog


15. Post Footer Font --> pengaturan jenis hurup footer (contoh : posted by )


16. Klik “ SAVE CHANGES” untuk mengakhiri pengaturan. Selesai


Untuk template-template selain template "minima", pada dasarnya sama aja, hanya saja ada sedikit perbedaan, tapi itu tidak sulit. Untuk mengetahui tulisan mana yang sedang di rubah oleh anda, anda cukup melihat mana yang berubah tulisannya pada preview yang terletak sebelah bawah.

tutorial blog

Blog adalah singkatan dari “web log” yakni sebuah situs yang berisi catatan atau artikel dengan topik tertentu. Sebuah situs blog bisa berisi satu macam topik khusus misalnya tentang politik, kesehatan, sastra, musik, dan sebagainya. Ada juga blog pribadi yang berfungsi sebagai semacam diary untuk mencatat aktivitas seseorang. Bahkan, beberapa orang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Mereka ini disebut blogger yang mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk mengupdate (posting) content (artikel) di blognya.

Saat artikel ini ditulis, ada 2 (dua) situs gratis yang paling banyak dipakai untuk membuat blog, yakni Wordpress dan Blogspot. Kali ini kita coba membuat blog dengan Wordpress. Silakan disimak langkah-langkahnya:
1. Buka Firefox. Masuk ke alamat http://wordpress.com

2. Klik [Sign Up] yang terdapat di menu di bagian atas halaman atau tombol [Sign Up Now]

3. Isikan Username, Password (dan konfirmasi), email, dan klik “I have read and agree…”. Username yang anda ketik akan menjadi alamat default blog anda di Wordpress. Jadi, misalkan anda mengetik kombor sebagai username maka anda akan memperoleh alamat http://kombor.wordpress.com

4. Di bagian bawah ada opsi “Gimme a blog!” dan “Just a username”. Pilih saja opsi yang pertama. Opsi yang kedua hanya dipilih jika anda cuma menginginkan sebuah account di Wordpress – tanpa perlu membuat blog disitu – biasanya jika anda telah memiliki blog komersil (bukan gratisan) untuk mendapatkan API code Wordpress yang bisa digunakan di plugin seperti Akismet (untuk menyaring komentar yang dianggap spam)

5. Setelah anda tekan tombol [Next] akan dijumpai alamat blog (domain), judul blog, dan bahasa yang dipakai, opsi Privacy jika dicontreng akan membuat blog anda dikenali oleh search engine seperti Google atau Technorati.

6. Setelah anda tekan tombol [Signup], sebuah email akan dikirimkan ke alamat yang telah anda ketikkan di langkah #3 tadi. Silakan cek email anda dan klik link yang terdapat di dalamnya untuk mengaktifkan blog Wordpress anda.

7. Maka akan muncul pesan “Your account is now active!”. Silakan klik [Login] untuk masuk ke Dashboard Wordpress anda.

Membuat Posting Pertama

1. Di bagian sebelah kiri Dashboard, klik [Posts] lalu pilih [Add New]

2. Ketikkan judul dan posting anda. Jangan lupa isikan Tags dan Categories. Tags digunakan untuk memberikan semacam “label” pada postingan anda. Misalkan anda membahas mengenai musik rock, maka di Tags bisa anda isikan “Rock” dan di Categories bisa anda isikan “Musik”.
Judul dan isi posting
Tags dan Categories
3. Setelah selesai, tekan tombol Publish untuk mempublikasikan posting (artikel) yang baru anda tulis tadi.

Mengubah Tampilan Blog

1. Blog anda bisa diubah tampilannya dengan template atau theme yang bisa dipilih melalui menu Appearance. Terdapat banyak pilihan theme yang bisa anda sesuaikan dengan tema blog anda.

2. Setelah menemukan theme yang anda kehendaki, maka klik gambar screenshot theme tersebut untuk menampilkan Preview dari blog anda. Jika anda merasa puas dengan hasilnya, silakan klik [Activate]

3. Theme yang disediakan wordpress.com memang terbatas. Jika anda memiliki blog komersil (baca: tidak gratisan) anda bisa mendownload gratisan ratusan free theme (template) yang tersedia di internet.

Menambah Widget

1. Widget adalah “aksesoris” yang bisa mempercantik blog anda. Wordpress memiliki puluhan bahkan ratusan widget siap pakai. Namun di wordpress.com anda hanya bisa memilih widget standard yang disediakan oleh Wordpress.

2. Cara menambah widget ke blog anda sangat mudah, dengan memilih menu Appearance kemudian pilih Widget

3. Lalu klik [Add] yang ada disamping widget yang hendak anda tambahkan ke sidebar blog anda. Yang umum digunakan adalah Pages, Tag Cloud, Archives.

Selain itu anda dapat mengganti beberapa setting seperti judul blog, melalui menu Settings. Untuk mengganti password user bisa melalui menu Users.
Bookmark and Share

Artikel yang berhubungan:

1. Put Adsense Script On Your Blog
Hi folks! Do you have a blog? If don’t, then I suggest you to create one! You could use free blogging sites, such as Wordpress...
2. Tutorial Pembuatan Blog Profesional
Menulis blog sudah menjadi sebuah trend saat ini. Berbagai situs penyedia layanan blog gratis (free) sudah banyak bermunculan. Juga situs jejaring sosial (social networking) semacam...
3. Cara Meningkatkan Pagerank
Hari ini saya mendapat surprise yang luar biasa… Blog infogaptek.com ini telah mendapatkan hadiah berupa Pagerank dari mbah Google Tidak tanggung-tanggung setelah 3 bulan (lebih...
4. Tips Meningkatkan Traffic Blog Anda
Pada waktu saya baca pertama kali kirain bagaimana.. ternyata system nya begini..Just try it .. Ga ada Ruginya asal sama-sama jujur Aja ga akan Merusak...
5. Membuat Custom Smile Di Wordpress
Jika anda perhatikan, di bagian akhir tiap posting (artikel) terdapat bagian Comment. Fungsi comment tentu saja untuk memberikan komentar terhadap posting atau artikel yang anda...

Rabu, 03 Februari 2010

Pengertian LAN,WAN,MAN

Pengertian LAN,WAN,MAN
Local Area Network

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Jaringan lokal nirkabel atau WLAN adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus.

Kekurangan
Masalah kurangnya keamanan dari hubungan nirkabel telah menjadi topik perdebatan. Sistem keamanan yang digunakan oleh WLAN awalnya adalah WEP, tetapi protokol ini hanya menyediakan keamanan yang minimum dikarenakan kekurangannya yang serius. Pilihan lainnya adalah WPA, SSL, SSH, dan enkripsi piranti lunak lainnya.

Keamanan
Pada jaringan kabel, satu dapat sering, pada beberapa derajat, akses tutup ke jaringan secara fisik.


Mode dari operation
Peer-to-peer atau mode ad-hoc Mode ini adalah metode dari perangkat nirkabel untuk secara langsung mengkomunikasikan dengan satu dan lainnya

Titik Akses / Klient
Paling umum adalah titik akses melalui kabel ke internet, dan kemudian menghubungi klien nirkabel (tipikalnya laptops) memasuki Internet melalui titik akses

misalnya melalui koneksi ADSL, sementara hotspots dan jaringan profesional (misalnya menyediakan tutup nirkabel dalam gedung perkantoran) tipikalnya akan mempunyai titik akses banyak, ditempatkan di titik strategis.

Sistem Distribusi Nirkabel
Ketika sulit mendapat titik terkabel, hal itu juga mungkin untuk memasang titik akses sebagai repeater.


Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang di bangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya, berarti topologi-topologi jaringan yang ada bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan.
Topologi jaringan ada beberapa bentuk sebagai berikut.

1. Topologi Bus
Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.

Gambar topologi bus
Topologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.

2. Topologi Cincin
Topologi cincin atay yang sering disebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.


Adapun kelebihan dari topologi ini adalah kabel yang digunakan bisa lebih dihemat. Tetapi kekurangan dari topologi ini adalah pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung.

3. Topologi Token Ring
Topologi ini hampir sama dengan topologi ring akan tetapi pembuatannya lebih di sempurnakan. Bisa di lihat dari perbedaan gambar.

4. Topologi Bintang
Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll.

Keuntungan dari topologi ini sangat banyak sekali diantaranya memudahkan admin dalam mengelola jaringan, memudahkan dalam penambahan komputer atau terminal, kemudahan mendeteksi kerusakan dan kesalahan pada jaringan. Tetapi dengan banyak nya kelebihan bukan dengan artian topologi ini tanpa kekurangan. Kekurangannya diantaranya pemborosan terhadap kabel, kontrol yang terpusat pada hub terkadang jadi permasalahan kritis kalau seandainya terjadi kerusakan pada hub maka semua jaringan tidak akan bisa di gunakan.

5. Topologi Pohon
Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.

sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktiv sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.
Sampai disini sedikit pemaran saya pada artikel kali ini dan akan saya lanjutkan pada artikel selanjutnya dengan cara membangun jariangan yang bagus, dan cara penanggulangnan masalah pada jaringan.

Protokol jaringan adalah aturan-aturan atau tatacara yang digunakan dalam melaksanakan pertukaran data dalam sebuah jaringan.

Jadi protokol adalah himpunan aturan-aturan main yang mengatur komunikasi data.
Protokol mendefinisikan apa yang dikomunikasikan bagaimana dan kapan terjadinya komunikasi. Elemen-elemen penting daripada protokol adalah : syntax, semantics dan timing.

Syntax mengacu pada struktur atau format data, yang mana dalam urutan tampilannya memiliki makna tersendiri. Sebagai contoh, sebuah protokol sederhana akan memiliki urutan pada delapan bit pertama adalah alamat pengirim, delapan bit kedua adalah alamat penerima dan bit stream sisanya merupakan informasinya sendiri.

Semantics mengacu pada maksud setiap section bit. Dengan kata lain adalah bagaimana bit-bit tersebut terpola untuk dapat diterjemahkan.

Timing mengacu pada 2 karakteristik yakni kapan data harus dikirim dan seberapa cepat data tersebut dikirim. Sebagai contoh, jika pengirim memproduksi data sebesar 100 Megabits per detik (Mbps) namun penerima hanya mampu mengolah data pada kecepatan 1 Mbps, maka transmisi data akan menjadi overload pada sisi penerima dan akibatnya banyak data yang akan hilang atau musnah.